Pages

Thursday - 0 comments

Prinsip Fungsi

PRINSIP FUNGSI
Yang di maksud dgn Fungsi disini, bukanlah mengenai pembagian tugas dalam Rumah tangga seperti yg biasa berlaku dlm masyarakat.
Pola Pikir dunia pada umumnya berkata, ayah bertanggung jawab mencari uang, ibu mendidik anak.

PRINSIP FUNGSI disini menekankan bahwa suami istri diberikan peranan oleh Allah agar keluarga yg mrk bangun sungguh2 mencerminkan hubungan Kristus dan Jemaat.
Mari kita baca Firman Tuhan
1 Korintus 11:3 (TB)  Tetapi aku mau, supaya kamu mengetahui hal ini, yaitu KEPALA dari tiap-tiap LAKI LAKI ialah KRISTUS, KEPALA dari PEREMPUAN ialah LAKI LAKI dan KEPALA dari KRISTUS ialah ALLAH.

KEPALA yang dimaksud disini bukan berbicara jabatan atau posisi tetapi lebih kepada FUNGSI sebagai LEADER ( Pemimpin ). LEADER must LEAD ( Pemimpin harus bisa memimpin atau mengarahkan )
Ketika suami mengerti FUNGSI dan peranan nya sebagai seorang LEADER/ PEMIMPIN dlm Rumah Tangga dan tdk membiarkan tanggung jawab ini di pikul oleh istri maka Rumah tangga ini akan berjalan terus dalam PERJALANAN menuju KELUARGA ILLAHI.

Lalu kita baca kembali ayat berikut nya
1 Korintus 11:7-9 (TB)  Sebab LAKI LAKI tidak perlu menudungi kepalanya: ia MENYINARKAN GAMBARAN dan KEMULIAAN ALLAH. Tetapi PEREMPUAN MENYINARKAN KEMULIAAN LAKI LAKI.
Sebab LAKI LAKI tidak BERASAL dari PEREMPUAN, tetapi PEREMPUAN berasal dari LAKI LAKI. 
Dan LAKI LAKI tidak DICIPTAKAN karena PEREMPUAN, tetapi PEREMPUAN DICIPTAKAN karena LAKI LAKI.

Dari Ayat ini kita melihat bahwa suami Menyinarkan Kemuliaan Kristus dan Istri menyinarkan Kemuliaan suami. Dan jelas sekali dalam kehidupan sehari2 apa yg menjadi TINDAKAN  Suami menjadi REFLEXI/CERMINAN bagi istri nya.

Lalu FUNGSI kedua dari Suami ada di ayat Firman Tuhan
Efesus 5:25 (TB)  Hai suami, KASIHILAH isterimu sebagaimana Kristus telah MENGASIHI jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya

Semua Keputusan yg suami ambil hendaklah didasari oleh KASIH kepada pasangan kita dan demi kebaikan atau kepentingan keluarga kita. Sebagai Pemimpin bukan berarti boleh semena mena dan bersikap otoriter terhadap orang yg di pimpin. Ini lah FUNGSI suami
Yg kedua yaitu Memimpin dgn KASIH.

Lalu apa FUNGSI dan peranan Istri, kita baca
Efesus 5:22-24 (TB)  Hai isteri, TUNDUKLAH kepada suamimu seperti kepada Tuhan,
karena suami adalah KEPALA isteri, sama seperti Kristus adalah KEPALA jemaat. Dialah yang menyelamatkan tubuh.
Karena itu sebagaimana jemaat tunduk kepada Kristus, demikian jugalah isteri kepada suami dalam segala sesuatu.

TUNDUK disini berbicara sebagai penolong dgn hikmat yg di berikan Allah dan pendukung atas KEPUTUSAN2 yg di ambil Suami sebagai Pemimpin tadi. Sebab tidak ada Pemimpin tanpa seorang pengikut dan istri adlh pengikut dari suaminya. Jika istri tidak mau di pimpin oleh suami nya, maka jangan harap orang lain akan menghargai suami sebagai pemimpin.

Tetap SEMANGAT, KASIH Suami MENYEMPURNAKAN Istri, PENUNDUKAN DIRI istri MEMAKSIMALKAN suami.
GOD BLESS YOU ALL.

ALFIAN & PEONY ( MOU Group )

0 comments:

Post a Comment