Pages

Wednesday - 0 comments

3C falsafah Tionghoa

Konon orang2 Tionghoa memiliki falsafah yg disebut 3C utk kesuksesan mereka.
3C tsb adalah :

1.Cengli.
Kalau ingin sukses, cara kita bekerja mesti cengli alias adil. Dgn kata lain kita harus jujur, tdk curang dan bisa dipercaya. Ini membuat banyak org suka bekerja sama dgn kita. Semakin dipercaya maka pintupun smakin terbuka lebar bagi kesuksesan kita.

2. Cincai.
Artinya org yg mudah memberi, tdk terlalu banyak perhitungan dan bukan tipe org yg sulit. Uniknya org2 yg mudah memberi spt ini juga mudah mendapat. Dari sdt pandang Tuhan, maka itulah ‎Ўğ dIinginkanNya. Sebaliknya jika trmasuk org yg sulit, pelit, terlalu banyak perhitungan baik dgn Tuhan maupun sesama, maka karuniaNya juga susah turun utk orang2 spt ini.

3. Coan.
Artinya orang kerja wajar kalau menghrpkan keuntungan. Namun, fokus utamanya bukan apa yg didptkan, tapi apa yg diberikan. Kita hrs sering mengajukan pertanyaan dlm diri kita, apakah yg kita lakukan sdh sebanding dgn apa yg kita dapatkan? Apakah kualitas dan kontribusi kita sebanding dgn hasil yg kita terima?

Ke 3 uraian di atas adalah 3C yg harus dilakukan, maka org Hokian punya pantangan dlm bekerja atau berbisnis yg disebut dgn 3C :

C yg pertama:
Ciek (hutang). Hutang kalau bayar tidak apa, tapi jadi repot kalau menjadi..
C kedua: Ciak (dimakan saja). Lebih tidak tanggung jawab lagi kalau kemudian org tersebut melakukan..
C ketiga: Cao (lari).

Semoga rahasia sukses ala TIONGHOA ini, meskipun bernada humor tapi bisa menjadi inspirasi bagi Anda!
Ciamik...(y):D.

0 comments:

Post a Comment