Pages

Thursday - 0 comments

Meditasi Dan Perenungan

Meditasi dan Perenungan

Semarak kemuliaan-Mu yang agung dan perbuatan-perbuatan-Mu yang ajaib akan kunyanyikan.  (Mazmur 145:5)
 
Banyak orang bersikap skeptis saat berbicara mengenai meditasi. Mereka tidak menyadari seseungguhnya ada perbedaan besar dan mendasar antara meditasi alkitabiah dan sejumlah tipe meditasi mistis.
Dalam meditasi mistis, pikiran rasional kita diubah menjadi netral, sehingga hati kita dapat mengambil alih pikiran kita. Fokusnya adalah batin dan tujuannya adalah "menjadi satu dengan Allah."

Sebaliknya, meditasi (perenungan) alkitabiah berfokus pada hal-hal tentang Tuhan dan tujuannya adalah u/ memperbarui pikiran kita (Rm. 12:2), sehingga kita berpikir dan bertindak semakin serupa Kristus. Tujuannya adalah u/ merenungkan apa yg telah Allah katakan dan lakukan (Maz.77:13; 119:15,16,97), serta .. siapakah Dia sesungguhnya (Mzm. 48:10-15).

Dalam Mazmur 19:15, Daud menulis, "Mudah-mudahan Engkau berkenan akan ucapan mulutku dan renungan hatiku, ya Tuhan, gunung batuku dan penebusku." Di dalam mazmur-mazmur lainnya, sang pemazmur merenungkan akan kasih Allah (48:10), segala perbuatan-Nya (77:13), hukum-hukum-Nya (119:97), dan titah-Nya (119:99).

Penuhilah pikiran Anda dg firman Allah dan berfokuslah pada seluruh perintah, janji dan kebaikan Tuhan.
Pusatkan ingatan anda pada hal ini: "Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu" (Flp. 4:8).

Merenungkan siapa Kristus sesungguhnya, membantu kita berjalan di jalan menuju keserupaan dengan Dia.

Selamat pagi, Tuhan Yesus memberkati :)

0 comments:

Post a Comment