Pages

Tuesday - 0 comments

Penyakit Mematikan

Penyakit Mematikan

Tetapi dia [Yesus] tertikam oleh karena pemberontakan kita, . . . dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.  (Yesaya 53:5)
 
Penyakit Severe Acute Respiratory Syndrome Sindrom (SARS) diidentifikasi pada tahun 2003 di Vietnam. Saat penyakit ini dapat diatasi, SARS sudah menyebar ke seluruh penjuru dunia dan membunuh lebih dari 800 orang. Salah satu penyebab angka kematian yg tinggi ini adalah pada awalnya virus ini tidak dikenali. Namun, begitu sudah dikenali dan dimengerti, SARS dapat dikendalikan.

Dosa, pada dasarnya adalah penyakit yg bahkan jauh lebih berbahaya dari SARS. Dosa juga sangat sukar dikendalikan karena begitu banyak orang yg tidak memahami bahayanya, dan meragukan diagnosa Alkitab tentang-nya.

Di dalam kitab Yosua pasal 7, kita membaca kisah tragis tentang Akhan. Kita mungkin merasa takut dg cara ekstrem yg digunakan Allah u/ menghukumnya. Akhan melawan perintah Allah dg mengambil sejumlah barang yg dikhususkan dari Yerikho dan menyembunyikannya di tendanya (ay.21). Ia dan seluruh keluarganya membayar dosa ini dg nyawa mereka (ay.25).

Bersyukur bahwa di masa anugerah seperti sekarang ini, Allah tidak menangani kita dg cara sedemikian. Jika Ia melakukannya, tidak ada seorang pun dari kita yg dapat hidup.
Namun begitu, jangan pernah meremehkan bahaya dosa. Dosa lah yg menyebabkan Yesus disalib bagi kita.
Seperti SARS, langkah pertama u/ mengatasi dosa adalah dg mengenali dosa sebagaimana adanya.
Terimalah dg syukur berkat hidup kekal. Lalu "matikanlah dalam dirimu segala sesuatu yg duniawi", yaitu hal egois yg tidak menyenangkan Allah (Kol. 3:5). Demikianlah cara u/ mengatasi penyakit dosa yg mematikan.

Dosa adalah penyakit hati yg hanya dapat disembuhkan oleh Sang Tabib Agung.

Selamat pagi, Tuhan Yesus memberkati :)

0 comments:

Post a Comment