Pages

Friday - 0 comments

HAL-HAL KECIL

Demikian juga lidah, walaupun suatu anggota kecil dari tubuh, namun dapat memegahkan perkara-perkara yang besar.  (Yakobus 3:5)

Seekor nyamuk adalah serangga yang sangat kecil, tetapi mempunyai potensi untuk membawa kerusakan yang hebat. Seorang teman bercerita bahwa di masa kecilnya, ia pernah mengalami gigitan nyamuk pada kedua lututnya. Gatal di sekitar gigitan tersebut membuat ia tidak tahan untuk menggaruk sedemikian rupa, hingga menyebabkan luka dan terinfeksi. Selama lebih dari satu bulan, berulang kali ia harus disuntik penisilin dan luka pada lututnya harus dibuka dan dibersihkan dua kali sehari untuk menghilangkan infeksinya. Perawatan ini sangat menyakitkan dan juga menakutkan untuk anak berumur 10 tahun. Sampai saat ini, luka bekas suntikan - suntikan itu masih terlihat pada kedua lututnya. Dan semua ini hanya disebabkan oleh sesuatu sekecil nyamuk.

Yakobus, saudara (tiri) Tuhan Yesus, mengingatkan kita akan satu hal kecil lain yang juga dapat sangat menghancurkan. Ia berkata bahwa meskipun lidah itu kecil, tetapi lidah dapat memegahkan perkara-perkara besar. Hal itu seperti percikan api kecil yang dapat membakar hutan yang besar (3:5). 

Walaupun lidah itu kecil, kerusakan yang disebabkannya bukanlah sesuatu yang kecil. Perkataan seseorang mempunyai kuasa untuk menyembuhkan atau justru menghancurkan orang lain dengan dampak yang jauh melebihi racun dari gigitan nyamuk.

Penting sekali bagi kita untuk menggunakan perkataan dengan penuh hikmat dan kehati-hatian. 

Pertimbangkan dengan baik kata-kata yang akan Anda ucapkan. Apakah perkataan itu akan diwarnai dengan berkat seperti obat atau amarah seperti racun?

Gigit lidah anda sendiri daripada membiarkan lidah itu melukai orang lain.
Selamat pagi, Tuhan Yesus memberkati :)

0 comments:

Post a Comment